Kamis, 15 Desember 2011

Latar Belakang - Laporan Prakerin

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang

Era Pasar Bebas atau Globalisasi mulai diberlakukan di kawasan Asia Tenggara, dan Indonesia termasuk salah satu Negara yang ikut terkena dampak dari adanya globalisasi tersebut. Di satu sisi globalisasi cukup berperan dalam membawa iklim keterbukaan untuk adanya kerjasama yang lebih luas, saling mengisi dan melengkapi demi kepentingan dan keuntungan bersama. Di sisi lain globalisasi juga melahirkan tantangan dan persaingan yang ketat dan tajam. Selain itu Globalisasi juga menjanjikan masa depan yang lebih cerah bagi mereka yang bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan diri menghadapinya.

Waktu untuk mempersiapkan diri dalam memasuki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul cukup singkat. Padahal faktor utama yang menentukan mampu tidaknya bersaing adalah SDM yang memiliki kompetensi, menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), mampu menghasilkan produk unggul dan memiliki landasan Iman dan Takwa (IMTAQ) yang kuat. Oleh karena itu penyiapan sumber daya manusia harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan terencana dengan baik.

Sejalan dengan kondisi tersebut, SMK Negeri 1 Kota Bekasi mencoba untuk mewujudkan pesera didik sebagai asset bangsa yang potensial, memiliki keahlian professional yang produktif dan berpenghasilan, serta mampu menciptakan produk industry yang dapat mendukung kemajuan industry Indonesia dalam memasuki persaingan pasar bebas dunia.

Sadar bahwa pelajaran praktek kejuruan yang selama ini disajikan di SMK Negeri 1 Kota Bekasi masih kurang, meskipun telah ditunjang dan didukung oleh peralatan dan fasilitas yang modern. Pada dasarnya sekolah hanya mampu menyajikan dasar-dasar keterampilan dan situasi tiruan (simulasi) karena itu masih diharapkan untuk dapat membentuk keahlian professional yang unggul pada diri siswa.

Menyadari hal tersebut, maka diperlukan suatu system penyelenggara pendidikan dan pelatihan kejuruan yang dapat memadukan secara dinamis dan serasi program pendidikan sekolah (SMK Negeri 1 Kota Bekasi) dan program penerapan dan pengembangan keahlian di dunia kerja. Pendekatan yang dimaksud adalah pengelolaan pendidikan dengan “Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)”, yang merupakan metode pendidikan dan pelatihan dengan belajar lewat melakukan kerja langsung sesuai profesi di dunia kerja (learning by doing).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar